Kuliah Tamu "Fit for the Future : A Sharing of Experience"


Fit for the Future : A Sharing of Experience
Oleh : Ahmadsyah Alghozi Nugroho (Internasional Oil Company, Netherlands)

              Bapak Ahmadsyah Alghozi Nugroho atau biasa dipanggil Holly adalah seseorang yang pantang menyerah dan mampu memanfaatkan peluang dengan baik. Saat ini beliau bekerja di Internasional Oil Company di Belanda. Pekerjaan beliau tergolong sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri minyak yang mana di bidang tersebut terdapat sesuatu yang dianggap penting yaitu data. Sebagai engineer maka harus membuat sesuatu untuk belajar, beda halnya dengan scientist yang mana perlu belajar untuk membuat sesuatu. Beliau bekerja di tempat yang berbeda-beda, setiap tempat kerja yang pernah beliau tempati memiliki ciri khas yang berbeda-beda, misalnya ketika beliau bekerja di Qatar Petroleum yang mana Qatar Petroleum jika di Indonesia seperti Kementrian ESDM, sehingga beliau bekerja sebagai PNS dan jam kerjanya dari jam 06.30 hingga 14.30 begitu seterusnya setiap hari, sedangkan ketika beliau bekerja di tempat lainnya yang bisa dikatakan swasta maka cara kera beliau harus ngotot dan menyelesaikan sebuah tugas sesuai deadline yang telah ditentukan.

              Berdasarkan pengalaman beliau, ada beberapa hal yang perlu dicapai :
1.    Interest
Untuk mencapai apa yang kita cita-citakan maka kita harus memiliki hal yang menarik bagi kita sehingga kita terus bersemangat untuk mencapai cita-cita tersebut, dengan demikian maka kita akan lebih menikmati. Dalam proses mencapai tujuan yang telah kita tentukan, ada sebuah ungkapan yang selalu pak Holly pegang yang beliau dapatkan dari orang tuanya yaitu pasti ada jalan jika ada keinginan.

2.    Vision Board
Bagaimana cara menguatkan niat untuk mewujudkan tujuan kita, beberapa contohnya seperti di bawah ini :
~   Menempelkan notes atau gambar pada sebuah cermin yang sering kita pakai dimana tempelan tersebut akan kita lihat setiap saat dan hal itu akan selalu mengingatkan kita mengenai visi yang telah kita rencanakan sebelumnya
~    Ada sebuah ucapan yang sering diucapkan oleh orang tua bahwa pencapaian seorang anak diusahakan lebih baik dari apa yang dicapai oleh orang tua, semisal jika orang tuanya hanya lulusan diploma, maka anaknya paling tidak harus sarjana.

3.     Job Training
Dalam hal ini, kita harus pandai memanfaatkan setiap peluang dan jika kita memiliki interest seperti pada pembahasan sebelumnya maka nantinya kita dapat dengan mudah memutuskan sesuatu, missal ingin jadi manajer.

              Pada saat ini ada dua tipe pekerja yaitu specialist dan generalist. Seorang specialist adalah seseorang yang memiliki kemampuan yang begitu mendalam terhadap suatu hal, tetapi tidak pada semua hal, sementara generalist memiliki kemampuan terhadap semua hal, tetapi tidak begitu mendalami masing-masing bidang. Masing-masing tipe tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jika seorang specialist maka berpeluang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah, tetapi beda halnya dengan seorang generalist yang lebih susah dalam mendapatkan pekerjaan. Namun, ketika seorang generalist telah mendapat pekerjaan maka dia dapat berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita tidak terlalu terpaku dengan specialist ataupun generalist tetapi kita harus mengikuti kebutuhan pasar saat ini.

              Beberapa skill yang dibutuhkan saat ini selain IT Skill adalah seperti di bawah ini
>>  Domain Skill
~  Untuk skill yang satu ini, kita harus benar-benar memahami apa keahlian kita, karena hal tersebut hanya kita yang mengetahui domain skill yang kita miliki

>>  Communication Skill
~  Keahlian ini diperlukan karena ketika kita sebagai programmer dan ingin    menyampaikan apa yang telah kita kerjakan ke orang lain yang non-programmer maka kita harus pandai mengolah bahasa, memilih bahasa yang tepat dan mudah dimengerti oleh pendengar yang kita tuju.

>>  Leadership Skill
~    Keahlian ini bisa dimulai dari memimpin diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah dibuat.
~   Pada keahlian ini kita harus menjadi diri sendiri atau authentic, kemudian harus mengembangkan diri atau grown.

>>  Other Skill
~   Keahlian lain ini dapat berhubungan dengan hobi masing-masing orang, misalnya mengambil foto dari suatu pemandangan atau jalan-jalan dan lain sebagainya. Berdasarkan pengalaman pak Holly, dengan hobi beliau yang sering mengabadikan sesuatu dalam bentuk foto, sehingga beliau bisa dekat dengan atasannya seperti wakil direktur hanya karena hobi mengambil foto yang beliau sering lakukan. Sehingga, beliau lebih dikenal dengan atasannya, yang mana untuk dikenal oleh atasan seperti pengalaman pak Holly tersebut bukanlah hal yang mudah.

Beberapa digital transformasi di tahun 2020 adalah seperti di bawah ini :
<>  Jaringan 5G
<>  Jaringan Wifi yang semakin cepat
<>  Drone tanpa awak dan smart cities

Komentar

Postingan Populer