Hyperloop Project Management Analysis


Hyperloop Project Management Analysis
           
Seperti dilansir CNN, Senin (15/7/2019), Hyperloop adalah transportasi kereta kapsul yang melayang di dalam tabung baja bertekanan rendah dan mampu melesat di kecepatan lebih dari 965 km/jam hingga 1223 km/jam.
Pengusaha kontroversial AS Elon Musk yang mengawalinya. Musk mengatakan bahwa sistem transportasi baru ini harus lebih aman, lebih cepat, biaya lebih rendah, lebih nyaman. Selain itu Hyperloop juga dirancang kebal terhadap cuaca, berkelanjutan dan berdaya mandiri hingga tahan terhadap gempa bumi.
Beberapa perusahaan yang turut mengembangkan Hyperloop ini antara lain Virgin Hyperloop One, dari grup Virgin di AS, lalu ada Hyperloop Transportation Technologies (HyperloopTT), perusahaan AS yang menggandeng China untuk membangun jalur uji coba, Hardt Hyperloop dari Belanda dan TransPod dari Kanada. "Ini 10 kali lebih efisien daripada pesawat dan bahkan lebih efisien daripada kereta," kata Tim Houter, CEO dan salah satu pendiri Hardt Hyperloop.

Analisis Proyek Hyperloop :
a.     Time
Analisis time project salah satunya membahas mengenai kapan proyek tersebut dimulai dan kapan waktu terealisasi dari proyek ini. Untuk proyek Hyperloop yang dikembangkan oleh Elon Musk telah dimulai sejak 2013 yaitu ketika beliau menayangkan konsep transportasi futuristiknya dan baru – baru ini, ia memulai sebuah perusahaan bernama The Boring Company untuk coba membangun model sistem hyperloop tersebut. Sampai saat ini, proyek percobaan Hyperloop yang dilakukan oleh Musk mencatat kesuksesan dengan memecahkan rekor kecepatan 337 km/jam.
Elon Musk menggambarkan Hyperloop sebagai persilangan antara Concorde, kereta peluru dan meja hoki. Sementara Kelly, dari Virgin Hyperloop One berharap sertifikasi perusahaan akan selesai pada 2023 dengan layanan akan berjalan pada 2029. Virgin Hyperloop One mengatakan bahwa mereka sudah akan berhasil membangun sistem Hyperloop pada 2021. 

b.     Cost
Analisis cost project salah satunya membahas mengenai biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan proyek tersebut dari mulai pengerjaan hingga selesainya proyek tersebut. Untuk biaya yang didapat hingga saat ini untuk mengembangkan proyek Hyperloop ini khususnya proyek yang dikembangkan oleh Hyperloop One telah terkumpul mencapai 160 juta dollar yang mana 50 juta dollar diantaranya adalah hasil investasi dari Dubai yakni DP World Group of Dubai. Selain itu, Para ahli mengatakan bahwa biaya membangun tabung kereta Hyperloop tunggal akan mencapai  biaya hanya 10 persen dari biaya membangun kereta api kecepatan tinggi konvensional.

c.     Scope
Analisis scope project salah satunya membahas mengenai apakah proyek ini telah memenuhi semua kebutuhan yang dirancang di awal pengerjaan proyek ini. Proyek Hyperloop ini aman dan cocok untuk semua umur. Sekalipun itu untuk penumpang orang tua, karena tidak ada lepas landas hingga turbulensi. Seperti yang diungkapkan oleh Kelly, dari Virgin Hyperloop One

d.     Feature
Beberapa fitur yang dikembangkan pada proyek Hyperloop ini adalah :
<>  Virgin Hyperloop One mengatakan teknologi Hyperloop ini akan sekitar lima kali lebih hemat energi dari pada penerbangan jarak pendek. Namun, Hyperloop tidak mungkin menggantikan pesawat lintas benua.
<>  Hyperloop digerakkan oleh dua motor elektromagnetik. Dengan ini, hyperloop diharapkan bisa mencapai kecepatan hingga 1.200 km/jam.
<>  Hyperloop memiliki kipas angin raksasa dan kompresor. Dalam dokumen setebal 57 halaman yang dirilis tahun 2012, Musk mengungkapkan, dua alat itu berguna untuk melampaui Kantrowitz Limit, hukum gerak dalam tabung yang diungkapkan Arthur Kantrowitz, fisikawan Amerika Serikat.
<> Kereta Hyperloop ini memiliki komponen air bearing. Air bearing adalah bantalan sepanjang 1,5 meter yang digunakan untuk menciptakan udara bertekanan rendah. Air bearing akan membantu kapsul bergerak melayang, persis seperti interaksi magnet dengan kutub yang sama pada kereta cepat Shinkansen.
<> Untuk jalur kereta Hyperloop, Musk mengungkapkan, hyperloop sebaiknya bergerak di jalur layang. Jalur itu dibangun di atas pilar mirip jembatan layang. Masing-masing pilar menampung satu tabung. Nantinya, satu sama lain akan dihubungkan. Bagian atas tabung lintasan hyperloop sendiri dilengkapi panel surya yang membangkitkan energi hingga 57 MegaWatt per tahun.


Sumber : 




Komentar

Postingan Populer